Jumini Trip to Hainan,China|Harga dan Fasilitas Paket Trip|part 1

Haiiii, sahabat online jumini. Apa kabar? semoga kalian semua sehat selalu dan banyak rejeki biar bisa jalan-jalan yaaa.

Tulisan jumini kali ini mau berbagi cerita tentang pengalaman kemarin ikut tour ke Hainan, China. Sebelum masuk ke cerita perjalanan gw ikut open trip, gw cuma mau kasih tau kalo tulisan gw ini bakal panjang banget dan mungkin akan gw bagi menjadi beberapa bagian supaya lebih detail gitu. Dan untuk part 1 ini gw mau bahas mengenai harga + fasilitas yang gw dapet selama ikut tour Hainan serta sebagian tempat wisata yang dikunjungi.

Ada beberapa alasan kenapa gw pilih ikut trip ke hainan, alasan yang pertama adalah karena harga trip ke hainan cukup murah yaitu kisaran 3.5-4,5juta saja. Harga tersebut sudah termasuk tiket pesawat pp (Sriwijaya), bagasi 20kg, hotel *4, transportasi Bus selama disana, makan 3x sehari dan juga sudah termasuk Tips buat guidenya. Alasan kedua adalah Hainan merupakan salah satu destinasi wisata yang bebas visa, jadi kemarin gw cukup nyiapin paspor aja deh. Fasilitas yang gw sebutin itu sama persis dengan paket yang gw pilih ya gaes soalnya ada juga paket tour lain yang menggunakan maskapai lain dan hanya dapat jatah bagasi tidak sampai 20kg.

Untuk trip Hainan ini gw ambil yang paket 4H3N dengan harga 4,3juta dari salah satu agen tour Ascenta Tour yang ada di instagram. Ohh iya untuk harga trip hainan ini bervariasi ya gaes, ada yang dapat harga dibwah 4juta dan ada juga yang dapat harga diatas 4juta seperti gw ini jadi kalian harus lebih selektif lagi pilih agen tournya, tapi yang terpenting kalian jangan tergiur harga yang murah banget juga karena di khawatirkan kalian ga dapet fasilitas yang memuaskan selama tour.

Nahhh untuk harga paket tour dan fasilitasnyadari open trip Consortium Hello Hainan By Sriwijaya udah gw jelasin ya diatas. pasti ada yang masih bingung kenapa judul tripnya seperti itu, jadi menurut cerita dari guide yang mendampingi kelompok tour gw, sudah dari tahun 2017 pemerintah china bekerjasama dengan agen tour resmi dari negara china dan bekerjasama dengan beberapa agen tour indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata di Hainan. Selain itu pemerintah china juga menggandeng 2 maskapai seperti Sriwijaya dan Lion Air sebagai penyedia transportasi penerbangan atau istilahnya pemerintah china mencarter 2 perusahaan maskapai tersebut untuk melayani penerbangan dari Indonesia ke Haikou, Inilah salah satu alasan biaya trip ke Hainan lebih murah dan fasilitas yang diberikan juga memuaskan.

Sekarang lanjut ke destinasi wisata yang gw kunjungi selama 4hari 3malam:

Hari 1: penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta sekitar pukul 2siang mungkin lebih sedikit gw agak lupa tepatnya, penerbangan sampai ke Bandara Internasional Haikou menempuh waktu sekitar 4jam lebih 2menit, tiba di Haikou sekitar pukul 8malam waktu setempat (selisih waktu 1jam lebih cepa dari Indonesia).

Lalu dilanjut menuju Haikou New Oscar dengan jarak tempuh sekitar 15menit dari bandara, cukup dekat karena masih berada di pusat Kota Hikou. Setelah sampai di hotel acara bebas dan gw milih keluar hotel buat jalan-jalan menikmati Kota Haikou sambil beli Snack buat cemilan.

Hari 2: Hari kedua ini gw dan group tour bakalan pindah ke Sanya, perjalanan dari Haikou ke Sanya menempuh jarak kira-kira 5jam menggunakan Bus, Tapi sepanjang perjalanan dari Haikou-Sanya rombongan gw bakal mampir-mampir dulu ke tempat wisata dan toko wajib yang harus dikunjungi.

Nahh masih di Kota Haikou juga nih gw diajak mampir ke Haikou Arcade Ancient Street atau biasa disebut sebagai Kota Tua di Hiakou.

Setelah itu melanjutkan perjalanan dan mampir ke toko wajib yaitu Yangshentang. Kemudian lanjut untuk makan siang di restoran lokal, lanjut mampir ke Desa Bali untuk mengetahui sejarah mengenai pada jaman dahulu banyak orang bali yang dibawa ke china dan sekarang mereka beserta anak keterunannya tinggal di satu perkampungan yang bernama desa bali, disini warganya masih menggunakan bahasa indonesia untuk berinteraksi. Wisatawan yang datang juga disuguhkan dengan show tarian-tarian dari warga setempat. yang berada di Xing Long.

Masih dalam satu kawasan di dalam Desa Bali, gw dan rombongan juga diajak mampir ke Xinglong Botanical Garden untuk melihat berbagai tanaman yang tumbuh disana. Banyak juga yang menjual buah-buahan, teh olong dan sekaligus mencicipi kopi kelapa khas Xing Long

Masih melanjutkan perjalanan beberapa jam menggunakan bus sebelum sampai di hotel yang terletak di Kota sanya, rombongan gw diajak mengunjungi Yetian Miao Minority Nationality Village.

Disini gw sedikit belajar mengenai suku Li, Penyabutan yang sangat ramah dari suku asli Li dan Miao. Supaya rombongan wisatawan bisa masuk, wajib menyanyikan 1 buah lagu yang membuat mereka terhibur. Setelah diperbolehkan masuk selanjutnya akan disambut oleh 2 wanita yang menggunakan pakaian adat suku sana tepat di pintu gerbang, Oh yaa jangan lupa senyum karena kita akan di foto, untuk dijadikan kenang-kenangan foto tersebut dapat di ambil tepat di sebelah gerbang keluar nantinya. saat ini wanita suku Li bekerja menenun, dan para laki-laki ada yang membuat barang-barang dari anyaman untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di area suku Li ini banyak banget kepala kerbau gaes, semakin besar kepala kerbau yang ada di rumah salah satu warga itu artinya keluarga itu adalah keluarga kaya. Wisatawan yang datang juga disuguhi dengan penampilan bermusik serta dipersilahkan untuk minum arak (saat minum arak jangan sekali-sekali kamu memegang gelasnya ya, cukup membuka mulut dan biarkan warga lokal yang membantu memegang gelasnya, kalau kamu memegang gelasnya maka kamu akan dikasih arak 1 gentong besar). hehe

Kalau tadi gw sedikit bercerita mengenai suku Li, selanjutnya gw mau bercerita juga tentang Suku Miou yang masih berada di kawasan Yetian Miao Minority Nationality Village. Para laki-laki suku Miou banyak yang menjadi pengrajin perak, disini juga wisatawan dapat melihat proses pembuatan gelang serta perhiasan lainnya yang berasal dari perak murni.

Masih banyak banget cerita yang bakal gw tulis mengenai Trip Hainan ini, tapi sesuai yang gw tulis diatas cerita ini gw bagi menjadi beberapa bagian. Untuk obyek wisata selanjutnya bakal gw update secepatnya.

Note: Mohon maaf jika ada salah tulis dan cerita yang gw kurang detail/tepat/ada kesalahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *