SERABI NGAMPIN KHAS AMBARAWA

Ambarawa terkenal dengan beberapa objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru kota, contohnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa, Benteng Willem II, Rawa Pening dan masih ada banyak lagi tempat wisata disekitarnya.

Disini w hanya mau share sedikit tentang “SERABI NGAMPIN”. jajanan khas dari ambarawa ini dijual disepanjang desa ngampin, kab.ambarawa. lebih dari 40kios kecil yang menjual serabi ngampin.

Kios kecil yang berjejeran ini khusus menjual serabi dan kerupuk opak.

Salah satunya adalah mbah Sugiyanti, beliau berjualan serabi sudah lebih dari 18th, kalau tepatnya beliau sudah lupa dan yg dia ingat dulu awal beliau berjualan saat Era Presiden Sorharto.

Serabi ngampin ini berbeda dengan serabi solo ataupun serabi bandung. Serabi ngampin disajikan dengan kuah santan berwarna coklat dan bentuk dari serabinya bulat kecil-kecil.

Rasa dari serabinya menurut gw enak, kuahnya ga terlalu manis, apalagi kuahnya disajikan masih panas jadi gak cepet bikin bosen ngunyah.

Kalau di kios mbah Sugiyarti ini satu porsi diisi 6potong serabi, 2 potong serabi putih polos, 2potong serabi yang tengahnya hijau(pandan) dan 2potong serabi yg tengahnya coklat (gula merah). Harga yang di bandrol juga murah banget, 1porsi yg gw makan hanya perlu bayar Rp.5000 aja.

Cara pembuatan serabinya uga masih tradisional banget gaes, Disini juga tersedia kerupuk opak(singkong), harga 1 plastik opak Rp.10000 saja. Murah kan????

Kalau kalian pengen makan langsung ditempat juga bisa, karena disini disediakan tempat duduk lesehan. Makan serabi sambil menikmati udara yang agak dingin di pinggiran jalan menjadi pelengkap kenikmatan menyantap serabi ngampin.

Jangan lupa mampir disalah satu kios serabi ngampin kalo kalian lagi di Ambarawa ya gaes,, jajan gak harus mahal kok 😙

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *