KLENTENG “SAM PO KONG” SEMARANG

Sampokong merupakan tempat petilasan laksamana Zheng He / Cheng Ho. Konon ceritanya ada Seorang laksamana keturunan Tiongkok ini sedang berlayar bersama rombongan, pada saat melewati pulau Jawa banyak dari awak kapal termasuk rombongan Laksamana Cheng Ho terserang penyakit. Lalu, Laksamana memutuskan untuk berhenti berlayar, daerah Simongan menjadi tempat pertama mendarat. Petilasan tersebut terkenal dengan nama Klenteng Sam Po Kong.

Klenteng yang terletak di jl. Simongan No. 129, Semarang Barat. Cukup mudah untuk menemukan klenteng tersebut karena letaknya ada di pinggir jalan utama. Jika temen-temen ingin mengunjungi klenteng Sam Po Kong, bagi wisatawan domestik hanya perlu merogoh kocek Rp. 5000/org dan untuk wisatawan mancanegara Rp.10000/org. cukup murah untuk bisa menikmati keindahan bangunan bersejarah tersebut. Harga parkirnya juga standar Rp.2000 (motor) dan Rp.5000 (mobil).

Klenteng Sam Po Kong menjadi tempat Sembahyang warga Semarang dan sekitarnya yang berAgama Kong Hu Chu, setiap hari selalu ada warga keturunan Chinese yang datang untuk melakukan pemujaan. Selain menjadi tempat Sembahyang, disini merupakan salah satu obyek wisata di Semarang yang selalu ramai pengunjung.
Klenteng yang di dominasi warna merah di seluruh bangunan menjadi ciri khas bangunan china. Menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pemandangan di setiap sudutnya dapat di jadikan spot foto yang unik. Nihhh gw kasih beberapa spot foto yang bagus kalo kalian kesini..

Pengunjung dapat terpuaskan hasratnya untuk memfoto, berfoto ataupun sekedar memandangi keunikan arsitektur pada bangunan klenteng ini. Cerita gw akan lebih lengkap kalo kalian sendiri yang merasakan dan melihat langsung keunikan dari bangunan Klenteng Sam Po Kong. Jadi, jangan lupa untuk berwisata ke Semarang khususnya di Klenteng Sam Po Kong.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *