Wisata “Mistis” Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu merupakan bangunan sejarah yang ada di kota Semarang, tepatnya ada di Komplek Tugu Muda yaitu jl. pemuda, Sekayu, Semarang Tengah.
Bangunan megah yang memiliki tiga lantai dan dua sisi yang menjulur kekanan dan kiri ini menjadi salah satu peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Bangunan ini dahulu menjadi kantor pusat perusahaan kereta api (trem) para penjajah Belanda.
Lawang Sewu sendiri sekarang menjadi salah satu obyek wisata yang terkenal di kota Semarang, pengunjung dapat melihat struktur bangunan khas Belanda, jika masuk dari pintu utama maka kita akan melihat sebuah tangga tinggi yang di pinggirnya ada tiga jendela kaca yang satu ditengahnya menggambarkan ada 2 noni-noni belandanya.

Dahulu Lawang Sewu ini terkenal dengan aura mistis, sering diadakannya wisata malam ataupun acara pemanggilan roh/hantu. Namun setelah dilakukan pemugaran untuk membentengi agar tidak lagi terkesan horor, pemugaran yang memakan waktu sangat lama ini akhirnya selesai pada bulan juni 2011 lalu. Obyek wisata ini di buka kembali serta hilangnya hawa mistis menjadikan banyak pengunjung berdatangan untuk berwisata sejarah dan berfoto.

Lawang Sewu ini memiliki arti seribu pintu, walaupun seperti itu pada kenyataannya jumlah pintunya tidak ada seribu. Itu hanya sebuah penggambaran karena disana terdapat banyak sekali pintu-pintu.

Selain ada banyak pintu-pintu, di Lawang Sewu juga banyak lorong-lorong yang menjadi penghubung antar ruangan, seperti gambar diatas, lorong-lorong juga bisa menjadi spot untuk berfoto. Di beberapa sisi terdapat pintu tebal yang dilengkapi dengan kaca yang besar, menurut Jumini pintu-pintu tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai objek foto yang kece. Nihh gw contohin ya. (Lihat foto dibawah)

Buat temen-temen yang belum pernah dan ingin berwisata ke Lawang Sewu, Buruan deh berangkat. Rugi kalau kalian tidak bisa melihat uniknya bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini. Cukup siapkan uang Rp. 10000/orang untuk mendapatkan tiket masuk. Selain itu jika mengunjungi wisata ini di siang hari, pengunjung bisa menikmati dan mendengarkan suara merdu yang diiringi alunan musik klasik, tradisional dan dibawakan oleh para musisi semarangan.

Pengunjung dapat mendengarkan sambil berteduh di bawah pohon-pohon. Lagu yang biasa mereka bawakan adalah lagu-lagu tembang kenangan. Tapi jangan khawatir kita bisa request lagu lain, tetapi jangan lupa untuk mengisi gentong.. seikhlasnya aja kok.
Selamat berwisata ke Lawang Sewu Semarang teman-teman 😁

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *