Kamu akan Mengalami 5 hal mengerikan jika Mengabaikan Tips Naik Gunung ini!!

gaes Jumini balik lagi nih mau berbagi cerita tapi kali ini gw mau share tentang tips-tips naik gunung. Sebenernya hobi gw selain maen ke tempat-tempat wisata adalah mendaki gunung, walaupun belum banyak gunung yang udah gw nikmati keindahannya. Jadi, gw ngerasa perlu sedikit share tentang hal-hal apa aja yang perlu dipersiapkan sebelum naik gunung. Apalagi sekarang banyak pemula yang naik gunung dengan tujuan biar bisa foto-foto ala pendaki profesional (berpengalaman), simak tips-tips dari Jumini yang semoga bisa membantu temen-temen buat mempersiapkan perjalanan menaklukan ketinggian..
1. PERSIAPAN FISIK
Hal utama yang harus di perhatikan sebelum berangkat mendaki gunung adalah kesehatan, menurut pengalaman gw calon pendaki harus mempersiapkan fisiknya minimal dengan cara lari-lari kecil setip harinya, Kurang lebih 1minggu sebelum mendaki. Usahakan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum berangkat. Persiapan ini menurut gw sangat penting dan wajib dilakukan biar tubuh kalian gak kaget menghadapi trek yang susah nantinya.
2. PERLENGKAPAN
Kedua, calon pendaki harus mempersiapkan perlengkapan yang harus dipakai maupun di bawa selama pendakian. Contohnya, pakailah pakaian yang nyaman, tebal dan gak ribet agar ada saat dibuat jalan gak bikin rempong yang memakai, Jangan lupa pakai jaket atau apapun lah yang bisa menghangatkan tubuh, oh ya pakailah sandal atau sepatu gunung biar gak licin buat jalan. Jangan mentang-mentang mau foto ala anak hits diatas gunung terus waktu mendakinya pakai high heels ya gaes. Hahaha ✌️
Hal penting lainnya yang harus di bawa pada saat mendaki adalah tenda, yupsss tenda. Saran gw bawalah tenda yang double layer buat jaga-jaga aja kalo pas diatas hujan biar tendanya ga rembes/bocor, eitttss jangan lupa bawa pasak buminya juga loh, soalnya barang kecil tapi berharga ini sering terlupakan kalo gak di siapin mateng-mateng. Selain itu bawalah matras dan sleeping bag biar kalo tidur di dlm tend beras anget dan sedikit empuk dan terakhir bawalah alat masak jika perlu (alat masak khusus mendaki ya gaes, bukan alat masak di dapur emak kalian)

3. PERBEKALAN
Lanjut lagi ke perbekalan, jangan lupa bawa bekal atau makanan yang banyak, jangan smpi di tengah-tengah perjalanan kalian kehabisan bekal, baik makanan ataupun minuman. Pengalaman pribadi sih ini, gw dn tim pernah kehabisan bekal, Dan ini menjadi sesuatu yang bisa membahayakan, karena Selama perjalanan itu tidak ada yang berjualan makanan, jadi bisa dibayangin kan, Sudah cuacanya dingin kalian bisa kelaparan itu merupakan suatu hal yang sangat menyiksa. Bisa mengakibatkan hipotermia, bahkan yang lebih parah nya bisa sampai kehilangan nyawa.

4. BAGI PEMULA PILIHLAH GUNUNG YANG TIDAK TERLALU TINGGI

Buat kamu yang masih pemula atau baru awal-awal mau naik gunung, Pilihlah gunung yang nggak begitu tinggi. Contohnya, gunung andong atau gunung Merbabu. Menurut gue contoh gunung yang tinggi dan bahaya buat pemula adalah gunung Sindoro-Sumbing dan gunung lawu Karena disana tracknya itu susah, banyak Medan yang terlalu curam dan di sana sedikit lebih mistis dibandingkan 2 Gunung yang gue saranin buat pemula tadi.
Gue pernah punya pengalaman waktu nanjak kayak ada yang manggil-manggil tapi setelah gue tidur yang jelas banget nama gw dipanggil tapi enggak ada wujud orang yang manggil dan itu bukan salah satu dari tim gw, nggak cuma panggil nama aja waktu gw jatuh juga ada kaya mutiara warna hijau sama merah tepat di tangan gw. Dan gw sadar betul itu nggak boleh diambil, pesen aja sih Buat kalian yang sering mendaki atau baru pemula apapun yang kalian lihat, apapun yang kalian dengar dan apapun yang kalian temukan tolong deh nggak usah dibawa anggap aja angin lalu dn kalo nemuin barang anggep aja itu bukan hak kalian.

5. JANGAN SENDIRIAN
Buat para jomblo kalau mendaki jangan sendirian ya, ajak teman, keluarga atau sahabat. biar gak baper kalo lihat pendaki lainnya berpasang-pasangan. Gak gitu sih sebenernya pesen gw kenapa jangan mendaki sendirian soalnya kalo bareng temen bisa saling gotong-royong membantu kalo menghadapi rintangan, terus biar ada temen ngobrolnya juga gaes. Soalnya, percaya gak percaya sih, pamali kalo naik gunung dengan jumlah ganjil.

6. KOMPAK

Usahakan selalu kompak sama tim selama pendakian, jangan ninggalin ataupun maksa buat terus lanjut jalan kalo ada salah satu temen kita yang kecapekan. Tungguin sampe temen kita siap untuk melanjutkan perjalanan lagi.

7. BAWA TURUN SAMPAH KALIAN!!
Point yang paling penting dan wajib banget di taati buat para pecinta alam ataupun pendaki adalah tanggung jawab atas sampah-sampah. Bawalah kantong plastik besar biar bisa menampung sampah-sampah yang kalian hasilkan dari sisa makanan dan minuman yang kalian bawa. Please gaes jangan cuma menikmati keindahan dan kecantikan dari gunung tersebut, tapi perhatikan juga lingkungan sekitar biar suatu saat nanti anak-cucu kita bisa menikmati keindahan ciptaanNya dari atas gunung.

Dimanapun kalian Travelling, entah gunung, pantai atau tempat wisata jangan lupa dipersiapkan secara matang, biar gak keteteran kalo udah sampai lokasi. Itu tadi beberapa tips yang bisa gw share buat temen-temen, semoga bermanfaat.. bye bye muach

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *