Klenteng Bersejarah di Kota Semarang, Tay Kak Sie

Semarang terkenal sebagai kota dengan tingkat pluralisme yang cukup tinggi. Beragam etnis dan suku bangsa hidup dengan aman dan berdampingan di kota ini. Hal ini juga ditandai dengan maraknya berbagai macam bangunan yang mewakili masing-masing etnis dan suku bangsa tersebut.

Salah satu bangunan yang cukup banyak di kota Semarang adalah klenteng, tempat ibadah umat konghucu, yang menariknya setiap orang boleh main dan melihat klenteng tersebut, tentunya dengan mematuhi aturan dan tata tertib dari masing-masing klenteng. Memang, bagi kebanyakan orang tahunya hanya Sam Poo Kong dengan simbol laksamana Ceng Ho nya. Padahal ada klenteng yang bersejarah di kota Semarang yaitu Tay Kak Sie.

Klenteng Tay Kak Sie dikatakan sebagai klenteng tertua ke-empat di Semarang. Klenteng ini terawat dengan baik dan terbuka untuk umum. Menurut berbagai sumber dibangun pada tahun 1500an. Bertempat di gang Lombok di bagian utara Pecinan. Salah satu sumber mengatakan bahwa berdasarkan namanya Tay Kak Sie merupakan klenteng dengan ajaran Budha sebagai dewa utama, walaupun di dalamnya ada juga patung dewa yang lain, bahkan sepertinya di Semarang Tay Kak Sie ini merupakan klenteng dengan dewa terbanyak.

Yang Menarik dari Klenteng Tay Kak Sie
Setiap sore hari di Tay Kak Sie diadakan pertunjukan wayang potehi, tentunya berbeda dengan wayang kulit Jawa karena wayang ini merupakan budaya asli dari daratan China Selatan yang dibawa oleh nenek moyangnya ke Indonesia. Bagi penikmat budaya, jangan sampai melewatkan tontonan menarik ini.

Lumpia, ya makanan khas Semarang, dapat didapatkan disekitaran klenteng. Memang apa bedanya dengan Lumpia lain? Ya bedalah, hehe silakan dibeli dan dirasakan sendiri.

Gratis, yups, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk di Tay Kak Sie, tetapi ingat untuk menjaga kesopanan dan tertib ya, ini adalah tempat ibadah.

Disini terdapat toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung juga ada wastafel untuk cuci tangan.

Anda lapar? jangan khawatir, di sekitaran klenteng banyak yang jualan makanan.

Intinya Tay Kak Sie nyaman untuk tempat wisata budaya. Yuk main ke Semarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *